Kamis, 30 Oktober 2014

Kiat Mengatasi Kejenuhan

Jenuh atau bosan adalah sifat alami manusia jika dirinya melakukan sesuatu yang itu-itu saja, monoton yang mengakibatkan tidak adanya gairah atau motivasi untuk melakukan apapun lagi. Mungkin jenuh adalah sesuatu yang sepele bagi kita, namun jika kita membiarkan diri kita terlarut dalam kejenuhan maka akan berakibat fatal.

Seseorang yang dalam keadaan titik terendah dalam kejenuhan atau bosan akan sulit bergembira, minim antusiasme, dan tidak enerjik. Jika dibiarkan terus-menerus maka bukan tidak mungkin lagi kejenuhan ini akan menimbulkan tekanan dan stress dalam diri Anda.


Ada beberapa cara untuk meminimalisir rasa jenuh, diantaranya :

1. Menyalurkan dan mengembangkan hobi Anda
Sadar atau tidak setiap manusia pasti memiliki hobi, yaitu sesuatu yang dilakukan seseorang pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Entah apa itu hobi membaca, menonton, atau bahkan bermain game sekalipun dapat membantu Anda mengurangi rasa jenuh.

2. Rekreasi
Dalam hal ini yang terpenting adalah kualitas dari rekreasi itu sendiri. Jadi terserah Anda ingin rekreasi kemana saja, bisa ke mall, pantai, gunung, atau taman kecil di komplek perumahan juga bisa mengurangi rasa jenuh.

3. Bergabung dalam komunitas
Manusia adalah makhluk social yang hidup selalu berdampingan dengan orang lain. Dengan bergabung dalam sebuah komunitas, Anda bisa bercengkrama tentang hal-hal yang sedang tren, saling bertukar pikiran atau ide-ide dengan hal yang baru atau bisa melakukan kegiatan bareng dengan komunitas. Tidak harus dengan komunitas dalam dunia nyata, sekarang pun komunitas bisa dibentuk di dunia maya atau forum di internet. Jadi komunitas tersebut tidak hanya berisi orang-orang yang tinggal di sekitar Anda tapi juga dari seluruh dunia.

4. Mendengarkan music
Musik bagi sebagian orang adalah sesuatu yang bisa membuat seseorang rileks, menentramkan badan dan jiwa. Pilihlah music dengan genre yang sesuai dengan minat Anda agar dalam mendengarkan music tersebut Anda dapat lebih menjiwainya.

5. Menonton Film
Siapa yang tidak suka menonton? Pergi ke bioskop sendiri atau bersama teman-teman merupakan hal yang asik. Tidak hanya pergi ke bioskop, menonton film koleksi pribadi di rumah juga bagus buat Anda. Tontonlah film dengan genre yang Anda sukai, missal saja film dengan genre komedi yang dapat membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal hingga pikiran Anda akan kembali fresh.

Di atas adalah beberapa tips yang dapat mengatasi rasa jenuh yang dapat melanda Anda kapanpun dan dimanapun. Diharapkan tips-tips di atas dapat mengurangi rasa jenuh di pikiran Anda dan dapat mengembalikan rasa antusiasme dalam melakukan sesuatu pada diri Anda.

0 komentar:

Posting Komentar