Selasa, 21 Mei 2013

Cara Aman Transaksi Jual-Beli Online

JUAL-BELI ONLINE
Sekarang ini transaksi jual-beli online sedang nge-trend. Setiap kali browsing pasti sering menjumpai iklan-iklan barang yang dijual secara online, entah itu baju, jaket, sepatu, buku dan lain-lain. Jual-beli online mempunyai banyak keuntungan, seperti :
1. Waktu transaksi bisa kapan saja
2. Menjual atau membeli bisa dimana saja asal tersedia jaringan internet
3. Jangkauan pasar luas
4. Harga biasanya lebih murah daripada belanja offline, 
5. dll

Lalu bagaimana dengan masalah keamanan?
Sering kita dengar adanya kasus penipuan jual-beli online, penipu-penipu inilah yang membuat masyarakat kita parno sama yang namanya toko online, padahal tidak semua toko online adalah penipu, berikut contoh kasus penipuan online :

SOLO—Kaskuser—pengguna forum jual belionline Kaskus--asal Solo diduga telah melakukan penipuan sejumlah orang di berbagai daerah. Diduga akun HafidHassan (HH) melakukan penipuan lewat modus penjualan emas dan handphone.
Korban penipuan telah melaporkan tindakan HH itu ke Mapolresta Solo, Minggu (14/4/2013). Salah satu korban adalah pemilik akun rumahpolos atas nama Bagas Setyo Nugroho, 20, warga Nayu Utara RT 003/RW 013, Kadipiro, Banjarsari, Solo.
Kepada Solopos.com, Senin (15/4/2013), mengisahkan soal aksi dugaan penipuan itu. Setelah ditelusuri lebih lanjut, rupanya ia bukan orang pertama yang menjadi korban kejahatan HH.
Ia menginformasikan, ada tiga orang lainnya yang seluruhnya pengguna Kaskus telah ditipu HH. Informasi itu ia dapatkan dari forum diskusi yang memperbincangkan kejahatan HH di kaskus.
Forum itu berada di akun milik tiger2005. Ia melanjutkan, dalam forum itu diketahui HH juga menggunakan modus penawaran emas. Modus tersebut setidaknya telah memperdayai pemilik akun amq09.
Berdasar penelusuran Solopos.com di forum tersebut, amq09 mengalami kerugian Rp12,1 juta. Ia yang diketahui merupakan warga Jakarta itu berniat membeli logam mulia Antam 25 gram dari HH seharga Rp12,1 juta.
Pemilik akun amq09 mentransfer uang ke rekening HH tanpa melalui rekening bersama (rekber). Rekber adalah perantara atau pihak ketiga yang membantu mengelola transfer uang untuk menghindari penipuan.
Setelah mentransfer uang amq09 tak kunjung menerima barang yang telah dipesan. Berikut petikan postingan dari amq09, “Selalu ambil positifnya. Awalnya memang enggak bisa menerima dan menyesal mengirim uang. Tapi, ya mungkin bukan rezeki saya.”
Berita tersebut saya ambil dari sini. Kasus ini sempat bikin heboh sekitar pertengahan bulan April lalu. Disitu dijelaskan bahwa si pemilik akun HafidHassan melakukan penipuan jual-beli emas terhadap pemilik akun amq09 di forum jual beli kaskus. Korban mengalami kerugian 12,1 juta, saya ulangi....... 12,1 JUTA! (duit semua ga pake daon).
Berdasarkan info terakhir yang saya dapat si HafidHassan ini sempat masuk penjara tetapi kemudian ditangguhkan penahanannya. Bisa saya simpulkan, hukum harus ditegakkan, jerat pelaku sesuai pasal-pasal yang berlaku. Buat pembeli berhati-hatilah dalam melakukan transaksi online, ingat kata bang napi "Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena niat pelakunya, tapi juga kesempatan. Waspadalah, waspadalah!"
Di akhir tulisan ini saya akan memberikan tips-tips aman melakukan pembayaran jual-beli online 

TAHAP-TAHAP MELAKUKAN PENJUALAN ONLINE
Disini saya akan menjelaskan bagaimana caranya melakukan penjualan secara online. Banyak situs untuk melakukan penjualan online seperti FJB Kaskus, tokobagus, berniaga, tokopedia, dll. Saya akan mengambil contoh Tokobagus.com, dari banyak contoh situs jual-beli online menurut saya tokobagus itu paling mudah dalam membuat iklannya. Berikut langkah-langkahnya (klik gambar untuk memperbesar) :

1. Pertama bukan dulu http://www.tokobagus.com/

2. Saya anggap Anda sudah mempunyai akun di tokobagus, jadi langsung login saja. Sebisa mungkin akun Anda sudah terverifikasi. Verifikasi akun sangat penting bagi Anda yang memang niat jualan, verifikasi akan membuat akun Anda lebih terpercaya di mata buyer.

3. Klik tombol Pasang Iklan Gratis di pojok kanan atas

4. Isi deskripsi detail barang yang akan Anda jual, mulai dari judul, harga, lokasi, dsb. Perhatikan juga peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan tokobagus dalam membuat iklan karena moderarisasi tokobagus sangat ketat (kadang ngeselin).
                                 

5. Anda juga bisa menampilkan foto produk yang Anda jual, dan Anda juga bisa membeli poin dimana poin-poin tersebut bisa meng-upgrade iklan Anda agar bisa dilihat banyak orang (ga make juga gapapa). Setelah itu klik Simpan.
                            


6. Akan muncul jendela preview iklan Anda, jika sesuai klik saja OK.
7. Iklan Anda akan segera di moderarisasi, mohon sabar :D
8. Jika selesai di moderarisasi iklan Anda akan aktif seperti contoh gambar dibawah ini


KEAMANAN UNTUK MELAKUKAN PEMBAYARAN
Bagaimana sih cara yang paling aman dalam melakukan pembayaran jual-beli online? dengan segala ke-sotoy-an, saya jawab TIDAK ADA! semua pasti ada resikonya. Tapi bisa kita minimalkan resiko-resiko tersebut 

Tips aman melakukan pembayaran online :

1. Melakukan transfer antar rekening, sebenarnya cara ini aman ASAL kredibilitas penjual terjamin, penjual terpercaya, mempunyai testimonial (pengakuan dari pembeli) yang asli bukan buatan sang penjual, pokoknya udah ga diragukan lagi deh.
2. Menggunakan REKBER alias rekening bersama. Jadi dalam transaksi kita menggunakan pihak ketiga sebagai perantara. Alur transaksinya bisa digambarkan seperti berikut
                       

Dalam menggunakan rekber juga harus hati-hati, tidak semua rekber itu aman. Gunakan rekber yang sudah terpercaya, seperti misalnya (bukan promosi ya) untuk transaksi di kaskus ada rekber blackpanda, akun ini sudah teruji, terpercaya di forum FJB kaskus, ada juga inapay, salah satu rekber yang sering saya lihat menjadi salah satu rekomendasi rekber selain blackpanda, atau mintalah rekomendasi dari orang lain yang Anda kenal.
3. COD (Cash On Delivery) dengan kata lain bayar di tempat. Jadi si penjual dan si pembeli sepakat untuk melakukan transaksi di dunia nyata. Cara ini menurut saya yang paling aman untuk Anda yang masih sangat khawatir terkena penipuan jual-beli online karena ada duit ada barang. Untuk COD ini juga harus diperhatikan untuk tidak datang ke tempat COD sendiri, bawalah teman dan jangan pernah mau COD-an di tempat gelap ataupun sepi, sebisa mungkin carilah tempat yang ramai. Dan selalu cek kondisi barangnya.

Satu yang penting jika Anda ingin membeli barang secara online, harga murah bukanlah segalanya, carilah harga murah yang rasional atau masuk akal. Misalnya harga Blackberry baru ori yang pasaran 4 juta di toko online hanya 1 juta, cuma ada dua kemungkinan kalo ga palsu/BM/refurbish ya penipuan. Dan Anda sebagai pembeli atau penjual jangan GAPTEK agar tidak gampang di bohongi.

Jadi, masih takut transaksi online? 




Sumber

4 komentar:

sablon cup
13 Desember 2013 pukul 18.30

mantap infonya gan. sangat bermanfaat..

www.kiostiket.com

Unknown
17 Januari 2015 pukul 12.51

mantap infonya bro...thanks
DOMINOQQ

Obat Penyakit Stroke
10 April 2015 pukul 11.05

mantab sob, makasih artikelnya...

Unknown
16 Juni 2015 pukul 22.44

alhamdulillah sangat jelas informasinya.
mungkin ada beberapa websete toko online yang saya rekomendasikan. seperti LoeBeli - Aneka Fashion dan Barang Lucu Murah yang menjual barang2 unik dan menarik. transaksinya jelas dan tidak membohongi. karena saya berkali2 order ke situ dan barangnya pasti sampai ke rumah saya. contohnya saya beli hijab untuk calon istri saya, yang saya lakukan adalah melihat websitenya : LoeBeli - Aneka Fashion dan Barang Lucu Murah lalu saya bbm adminnya trus saya transfer 2 hari kemudian nyampe deh kerumah saya....

:D
librarygambar - kumpulan gambar unik

Posting Komentar