Kamis, 30 Oktober 2014

Aspek Pemasaran PT Darta Media Indonesia (Kaskus)


Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.


Spesifik Produk


Kaskus adalah forum diskusi & jual beli terbesar di Indonesia. Anda bisa mengunjungi forum ini di kaskus.co.id. Kaskus merupakan forum diskusi yang terdiri dari banyak kategori yang bisa kita pilih sesuai dengan minat kita. Mulai dari tentang desain, berita, game, debat, kesehatan, gadget, bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Forum diskusi KASKUS kerap memberitakan informasi yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain.

Selain forum diskusi, kaskus juga menyediakan tempat jual beli online terbesar di Indonesia. Forum jual beli (FJB) juga terbagi ke banyak kategori untuk memudahkan kita untuk menemukan barang yang ingin kita jual ataupun beli. Di FJB ini kaskus bukanlah sebagai pelaku penjual, melainkan hanya sebagai penyedia tempat jualan. Yang melakukan kegiatan jual beli itu member dari kaskus itu sendiri. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari pakaian, minuman, makanan, barang elektronik, hingga barang-barang yang berbau mistis pun ada yang jual disana. Untuk urusan harga kebanyakan penjual di sana menjual dengan harga miring.

Segmentasi Produk


Kategori forum yang diberikan pihak kaskus ada bermacam-macam. Disana kita bisa masuk ke kategori yang kita suka dan memposting apapun sesuai dengan tema forumnya. Daftar Forum KASKUS dikelompokkan menjadi 3:
  • Forum berdasarkan interest.
  • KASKUS Regional berdasarkan area geografik.
  • KASKUS Corner yang didedikasikan untuk kamu yang ingin tau lebih banyak mengenai KASKUS.

Berikut adalah kategori-kategori utama dari forum kaskus:
ALL ABOUT DESIGN
ANIME & MANGA HAVEN
BERITA DAN POLITIK
BISNIS
BUKU
CAN YOU SOLVE THIS GAME?
COMPUTER STUFF
COOKING & RESTO GUIDE
DEBATE CLUB
DISTURBING PICTURE
EDUCATION
English
EVENT FROM KASKUSER
FIT & HEALTHY LIFESTYLE
GADGET & GIZMO
GAMES
GIRLS & BOYS'S CORNER
Green Lifestyle
Handphone & PDA
HEALTH & MEDICAL
HEART TO HEART
Hewan Peliharaan
HOBBY & COMMUNITY
Ilmu Marketing
Jokes & Cartoon
Lifestyle
Melek Hukum
Militer dan Kepolisian
Mobile Broadband
Model Kit & R/C
Movies
Music
Otomotif
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Perencanaan Keuangan
Photography
REGIONAL
Sports
Supranatural
Surat Pembaca
Tanaman
Teknik
THE LOUNGE
Travellers
Wedding & Family
Welcome to KASKUS
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)

Sedangkan untuk FJB juga dibagi ke beberapa kategori untuk memudahkan kita dalam kegiatan jual beli. Di antaranya adalah:
ALAT-ALAT MUSIK
ALAT-ALAT OLAHRAGA
ANTIK
BUKU
CD & DVD
ELEKTRONIK
FASHION & MODE
FLORA & FAUNA
FURNITURE
FJB FEEDBACK & TESTIMONIALS
FJB TIPS & TUTORIAL
FJB ZONE
GRATISAN
HANDPHONE & PDA
INDUSTRI & SUPPLIER
JASA
KARYA SENI & DESAIN
KAMERA & AKSESORIS
KERAJINAN TANGAN
KOLEKSI, HOBI & MAINAN
KOMPUTER
MAKANAN & MINUMAN
OBAT-OBATAN
ONLINE GAMING
OTOMOTIF
PERAWATAN TUBUH & WAJAH
PERKAKAS
PERLENGKAPAN ANAK & BAYI
PERLENGKAPAN KANTOR
PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA
PROPERTI
PRODUCT REVIEW
SERBA SERBI
TIKET
TUR & PAKET PERJALANAN
VIDEO GAMES

Dari semua kategori-kategori utama di atas, ada pembagian sub forum lagi untuk lebih spesifiknya. Karena terlalu banyak, maka tidak bisa saya tampilkan.

Analisis situasi pasar
Saya merupakan member di kaskus sejak 2009 lalu. Dan saya sering membaca, memposting ataupun mengikuti diskusi di forum kategori manapun. Di kaskus saya bisa menemukan informasi apapun, mulai dari yang formal, sangat penting dan bersifat edukatif hingga informasi yang bersifat nyeleneh dan kebanyakan ga penting. Tapi itu semua menurut saya bermanfaat tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.

Untuk FJB saya cukup sering beli barang-barang dari penjual kaskus yang menurut saya menarik. Menurut saya para penjual di kaskus itu cukup friendly, tidak kaku seperti layaknya customer service perusahaan besar karena rata-rata penjual di kaskus adalah penjual yang sifatnya individu atau perorangan, meskipun ada beberapa yang merupakan penjual besar. Dan soal harga bisa dikatakan sangat miring apabila dibandingkan dengan penjual offline atau penjual yang mempunyai toko fisik. 

Selain beli, saya juga pernah menjadi penjual di kaskus. Barang yang pernah saya jual pun beragam, mulai dari kartu perdana, kaos, harddisk, casing handphone, sepatu, dan masih banyak lagi. Tapi biasanya saya menjadi penjual tergantung mood, kadang jika semangat saya fokus di aktifitas jualan saya dan kadang jika sudah bosan saya berhenti sejenak menjadi penjual, tapi jika mood semangat kembali lagi maka saya pun kembali lagi jadi penjual, begitu seterusnya.

Analisis pesaing


Pesaing dari kaskus bisa dikatakan lumayan banyak. Dalam hal forum dan jual beli maka ada indowebster, ceriwis, idfl, dan lainnya. Namun jika dalam hal FJB saja maka pesaingnya adalah olx, tokopedia, lazada, lamido, zalora, elevenia, bukalapak, dan banyak lagi. Dari semua itu saya lebih sering menggunakan kaskus, tokopedia, dan olx. Kenapa kaskus? Karena seperti yang saya bilang di awal, di kaskus rata-rata kita langsung head-to-head dengan penjualnya, jadi kadang-kadang terselip basa-basi terlebih dahulu dan jika beruntung kita bisa mendapatkan harga lebih murah dari yang dia cantumkan di threadnya dan bisa dibilang lebih nyaman karena layaknya beli di toko offline. Jika di tokopedia? Saya sudah beberapa kali beli barang di website ini, tokopedia sifatnya seperti kaskus dimana penjual bukanlah pihak tokopedia itu sendiri. Di sini kita melakukan pembelian dengan sangat terorganisir, mulai dari transfer, konfirmasi, dan status pengiriman di kendalikan oleh pihak tokopedia. Jadi pihak tokopedia merupakan pihak ketiga yang berada di tengah antara penjual dan pembeli, mungkin bisa dikatakan rekber, bedanya jasanya ini gratis. Jadi lebih aman menurut saya.

Strategi Promosi


Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. 15 tahun sudah kaskus malang melintang di dunia maya. Di kalangan netizen nama kaskus sudah bukanlah hal yang asing di telinga mereka, dengan jargon “The Largest Indonesian Community” sudah merupakan pembuktian bahwa kaskus merupakan komunitas yang sudah punya nama di Indonesia ini. Untuk strategi prmosi saya pribadi belum pernah melihat adanya iklan tentang kaskus di TV ataupun media cetak. Saya pikir dengan sadar ataupun tidak sadar para member itulah yang menjadi media promosi dengan strategi promosi dari mulut ke mulut. Para member merekomendasikan kaskus jika ada informasi yang bagus nan unik ke teman atau kerabat mereka dan mereka pun akan tertarik untuk mengunjungi kaskus. Pihak kaskus juga cukup sering melakukan kegiatan di dunia nyata, seperti bakti social atau apapun. Itu juga bisa dijadikan ajang promosi agar masyarakat jadi lebih tahu mengenai kaskus.

Media promosi berbasis TI
Untuk media promosi kaskus yang berbasis TI, ada sebuah video yang menceritakan apa itu kaskus di situs youtube. Berikut adalah videonya:


Komentar
Kaskus merupakan forum diskusi & jual beli terbesar di Indonesia. Menurut saya diskusi yang dilakukan oleh para membernya sangatlah aktif. Dengan diberikannya kebebasan berpendapat, maka para member pun bebas memposting apapun selama itu tidak melanggar hukum yang berlaku. Informasi yang bisa didapat di situs in juga menarik, namun karena dilandasi “kebebasan berpendapat” kita juga harus bisa menahan diri ketika menemukan informasi yang bersifat provokatif. Untuk mengisi waktu luang tidak rugi mengunjungi kaskus, karena informasi apapun yang kita dapat pasti berguna tergantung darimana sudut pandang kita melihatnya.


Untuk FJBnya, sangatlah recomended bagi kita yang suka dengan belanja online dengan harga yang miring dan berkualitas. Namun perlu diperhatikan masalah penipuan yang kerap terjadi. Jika membahas masalah belanja online, masalah penipuan tidak bisa dipisahkan. FJB kaskus juga kerap kali terjadi penipuan, namun jika kita jeli dan tahu bagaimana ciri-ciri penipu online maka masalah penipuan bisa diminimalisir sekecil mungkin. Saya pernah memposting artikel tentang transaksi online, disitu saya memberikan sedikit tips bagaimana cara aman dalam melakukan transaksi online dan cara mengetahui ciri-ciri penipu, bisa dilihat disini.

sumber: [1] [2]

0 komentar:

Posting Komentar