Jumat, 02 November 2012

New Media, Pengaplikasiannya Dalam Hobby

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby" – Wiki

Setiap orang pasti mempunyai hobi yang berbeda-beda, ada yang olahraga, membaca, berenang bahkan tidur. Sedangkan saya mempunyai hobi nonton, mulai dari anime, film box office, dokumenter sampai dorama pun saya tonton asalkan ceritanya seru dan ga membosankan, hha.

Berhubung dalam artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang New Media, saya akan membahas tentang pengaplikasian New Media ke hobi saya. Sekarang sudah banyak software untuk memutar file-file multimedia yang bertebaran di dunia (maya) dengan berbagai fitur-fitur unggulan yang mereka punya. Kalau untuk saya yang paling cocok ya Media Player Classic.
Media Player Classic (MPC) mempunyai banyak sekali keunggulan, diantaranya :


1. Bisa memutar bejibun format file multimedia, WAV, WMA, MP3, OGG, SND, AU, AIF, AIFC, AIFF, MIDI, MPEG, MPG, MP2, VOB, AC3, DTS, ASX, M3U, PLS, WAX, ASF, WM, WMA, WMV. , AVI, CDA, JPEG, GIF, PNG, BMP, D2V, MP4, SWF, MOV, QT. jadi bukan cuma video yang bisa diputar, file MP3 juga bisa  
2. Sangat ringan, di komputer jadul juga bisa.
3. Bisa download subtitle langsung dari MPC-nya, mantabh  
4. Graaatiiss.... 

5. masih banyak lagi lainnya .....

Untuk Mendownload MPC bisa langsung ke websitenya, disini


Cara untuk memainkan file video di MPC ini sangat mudah diantaranya :

1. Buka file MPC-nya dari Start > All Program > K-Lite Codec Pack



2. Klik File lalu Quick Open atau bisa juga dengan shortcut Ctrl + Q




3. Lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini, pilih lokasi dimana file yang mau di play, lalu klik Open



4. Lalu akan muncul video-nya, enjoy the film


5. Atau bisa juga dengan cara lain untuk bisa memutar file video-nya, buka dulu software MPC-nya lalu klik and drag saja file video yang ingin diputar ke jendela MPC yang sedang terbuka, MPC akan langsung memutar file video-nya secara otomatis.



Kadang-kadang ada subtitle yang tidak muncul padahal kita sudah mendownload subtitle untuk film tersebut, ada tiga cara untuk menampilkan subtitle tersebut.


1. Tempatkan subtitle yang sudah didownload tadi di folder yang sama dengan file video tersebut, lalu rename subtittle dengan nama yang sama dengan file video-nya.




2. Atau bisa juga dengan meng-klik and drag-an file subtitle tadi ke file video yang sedang diputar.




3. Bisa juga dengan membuka subttitle dengan cara klik File dan pilih Load Subtitlte.



Lalu  cari file subtitle yang ingin kita masukkan dan klik Open.





Itu adalah MPC salah satu dari sekian banyak software multimedia yang bisa digunakan, sekarang pilihan ada di tangan Anda mau menggunakan MPC atau software multimedia lainnya

0 komentar:

Posting Komentar