Jumat, 05 Oktober 2012

Apa itu New Media?

New Media terdiri dari kata "New" yang berarti "Baru" dan "media" yang berarti "perantara". New Media bisa diartikan sebagai media untuk mendapatkan informasi apapun akan tetapi media atau perantara ini masih bisa dibilang baru. Istilah ini dimaksudkan untuk mencakup awal kemunculan era digital, komputer, atau jaringan teknologi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai "media baru" adalah digital.

Istilah New Media menurut wikipedia :

“New media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or networked information and communication technologies in the later part of the 20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible, interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites, computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines, books, or paper-based publications.“

Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer, koran digital, dan lain-lain. Manfaat New Media diantaranya :
1. Arus informasi yang dapat dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja
2. Sebagai media hiburan, game online
3. Sebagai media komunikasi, komunikasi jadi semakin mudah dengan adanya skype, facebook
4. Sebagai sarana pendidikan, semakin mudah karena adanya e-book

Kekurangan New Media, diantaranya :
1. Terbukanya informasi secara bebas memungkinkan terjadinya pencurian data-data pribadi seseorang dan dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab
2. Dengan bebasnya untuk mendapatkan informasi yang berbau porno atau kekerasan
3. Dapat menyebabkan addict pada game online yang tidak terkendali

Jadi, kehadiran New Media mempunyai andil besar pada kehidupan zaman sekarang ini yang sudah kental dengan teknologi, orang-orang bisa mengakses informasi secara bebas tanpa ada halangan tempat dan waktu. Namun perlu diperhatikan juga dampak negtif dari new media yang telah saya sebutkan diatas.


0 komentar:

Posting Komentar