Kiat Mengatasi Interview Kerja
Bisa dibilang test yang paling
berat dalam mencari pekerjaan adalah pada saat interview atau wawancara kerja.
Salah satu penyebab tidak lulusnya interview kerja adalah tidak atau kurangnya
persiapan. Sehingga ketika wawancara kerja berlangsung, peserta akan merasa
gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang di lontarkan oleh interviewer atau
si pewancara.
Oleh karena itu disini saya akan
mencoba memberikan beberapa tips yang sekiranya dapat membatu Anda dalam menghadapi
wawancara kerja.
1. Survey Lokasi
Ini yang harus paling
diperhatikan. Mencari tahu dimana kita akan melakukan wawancara sangatlah
penting jika tidak percuma kita mempersiapkan segala hal namun ketika ingin
mencapai lokasi kita tersesat. Sempatkan waktu untuk melakukan survey.
2. Never be a late person!
Datanglah 15 menit atau lebih
awal dari jadwal wawancara yang telah ditentukan. Selain agar tidak telat kita
juga bisa santai sebentar, menenangkan pikiran. Kita tidak mau dating dengan
baju yang basah kuyup karena keringat bukan?
3. Jujur dan Percaya Diri
Dalam menjawab pertanyaan yang diajukan
sebaiknya dijawab dengan jujur, karena itu akan menjadi nilai tambah untuk
Anda. Dan perhatikan juga agar percaya diri, jangan gugup saat berbicara dan
juga jaga gaya berbicara dan sikap Anda.
4. “Don’t judge the book by the
cover”?
Ungkapan seperti itu tidak akan
berlaku pada saat Anda wawancara kerja karena pewawancara akan menilai orang
seperti apa Anda dari cara Anda berpakaian. Anda dapat berpakaian dengan
kemampuan financial anda. Untuk pria pakailah pakaian kameja lengan panjang
dengan warna cerah namun tidak norak atau mencolok. Normalnya pakaian yang
dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna
hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, pakailah pakaian yang menunjukan anda
seorang pekerja, dan jangan ber make-up terlalu tebal, bermake-up lah
sewajarnya.
5. Awali dan akhiri wawancara dengan
Sapaan dan Jabat Tangan
Ketuklah pintu sebelum anda masuk
kedalam ruangan si pewawancara, kemudian ulurkan tangan anda lebih awal untuk
berjabat tangan sambil mengucapkan sapaan hangat. Hal ini dilakukan agar
pewawancara memberi kesan positif bahwa anda adalah orang yang smart dan ramah
serta percaya diri.
Hal yang terakhir yang harus anda
lakukan adalah, setelah anda selesai di wawancarai ucapkan terima kasih dan
jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah.
sumber : dari sini
0 komentar:
Posting Komentar